KORESPONDENSI

Alamat email: edy_jambormias@yahoo.com
Grup Diskusi: www.agrostat.fapertaunpatti@blogspot.com

Sabtu, 06 Juli 2013

Teladan Analisis Beda Respons bagi Percobaan 2 Faktor Model Kualitatif-Kuantitatif Berdasarkan Analisis Regresi Polinom dengan Menggunakan Minitab Versi 16


Analisis beda respons dalam percobaan 2 faktor sering dilakukan dengan memperhatikan beda respons taraf suatu faktor pada kecenderungan taraf suatu faktor yang lain. Pendekatan grafis beda respons dengan bantuan inferensia pembandingan berganda dapat digunakan untuk menginterpretasi perbedaan respons. Pendekatan seperti iini baku digunakan pada percobaan 2 faktor, khususnyya bila kedua faktornya kualitatif. Namun bila 1 faktor kuantitatif dan faktor lainnya kualitatif, pendekatan ini kurang pas (fit) untuk digunakan dalam memahami kecenderungan perbedaan respons.
Adanya faktor kuantitatif memungkinkan pemanfaatan analisis regresi polinom dalam menginterpretasi beda respons. Analisis regresi umumnya diawali dengan analisis ragam untuk menentukan kecenderungan model regresi, dan kemudian menyajikannya secara grafis. Namun sebagian besar peneliti menyusun model regresi secara parsial untuk masing-masing taraf faktor kualitatif. Pendekatan ini dapat dibenarkan, namun membatasi inferensia hanya mengenai masing-masing persamaan regresi itu saja. Inferensia mengenai perbedaan kemiringan garis regresi, kecenderungan pola hubungan, dan keberhimpitan diantara garis regresi menjadi sangat terbatas yang disebabkan oleh adanya perbedaan ragam masing-masing persamaan regresi. Suatu keadaan yang berdampak pada interpretasi hubungan antar garis regresi masing-masing taraf faktor kualitatif cenderung bersifat deskriptif.
Tulisan pada tautan berikut ini memberikan teladan prosedur mengenai analisis serempak beda respons percobaan 2 faktor, dimana suatu faktor merupakan faktor kuantitatif, dan faktor lainnya kualitatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisis Data

AgroStat.Com menyediakan layanan analisis dan konsultasi data statistik, khususnya: analisis ragam (analysis of variance, ANOVA) dan pembandingan berganda (multiple comparisson), analisis regresi dan korelasi (regression and correlation analysis) termasuk analisis regresi berganda (multiple regression analysis) dan analisis permukaan respons (response surface analysis), analisis ragam peubah ganda (multivariate analysis of variance, MANOVA), analisis korelasi kanonik (canonical correlation analysis), analisis regresi peubah ganda (multivariate regression analysis), analisis komponen utama (principal component analysys), analisis lintas (path analysis), analisis gerombol (cluster analysis), analisis data kategorik (categorical data analysis) khususnya analis chi-kuadrat dan korespondensi (chi-kuadrat and correspondence analysis), analisis diskriminan (discriminant analysis), analisis biplot (biplot analysis), dan analisis skala berdimensi ganda (multidimensional scale analysis).